el-samsi-logo
Edit Content
elsamsi log

Media ini dihidupi oleh jaringan peneliti dan pemerhati kajian ekonomi syariah serta para santri pegiat Bahtsul Masail dan Komunitas Kajian Fikih Terapan (KFT)

Anda Ingin Donasi ?

BRI – 7415-010-0539-9535 [SAMSUDIN]
– Peruntukan Donasi untuk Komunitas eL-Samsi : Sharia’s Transaction Watch

Bank Jatim: 0362227321 [SAMSUDIN]
– Peruntukan Donasi untuk Pengembangan “Perpustakaan Santri Mahasiswa” Pondok Pesantren Hasan Jufri Putri – P. Bawean, Sangkapura, Kabupaten Gresik, 61181

Hubungi Kami :

Hari ini, ada banyak aplikasi yang menjanjikan penghasilan buat anda. Pihak developer menjanjikan poin yang bisa ditukar dengan saldo bagi setiap penggunanya. Mekanismenya, sudah barang tentu apabila poin tersebut memenuhi persyaratan dari pihak penyedia. 

Misalnya, apabila pihak pengguna sudah memenuhi sekian poin membaca, maka poin itu langsung bisa ditukar dengan uang dan dibayarkan oleh, pihak penyedia aplikasi tersebut secara langsung dan masuk ke dalam rekening pembaca.

Tidak diragukan lagi bahwa akad yang melandasi pencairan saldo dari poin membaca ini adalah akad ju’alah. Akad ini sah secara syara’ dengan catatan bila yang membayar adalah pihak penyedia aplikasi itu sendiri, dan bukan dibayar oleh user lain. 

Ada 5 aplikasi yang direkomendasikan oleh penulis dan menyediakan penghasilan halal, yaitu:

Cashzine

Aplikasi ini sejatinya adalah aplikasi membaca berita. Setiap pengguna yang berkunjung dan membaca lewat aplikasi tersebut, dia langsung mendapatkan poin dan bisa dicairkan ketika sudah cukup poinnya. 

Baca Plus

Sama dengan Cashzine, aplikasi ini juga bergerak sebagai platform berita. Aplikasi ini juga menawarkan bonus afiliasi apabila pengguna berhasil mengajak orang lain untuk ikut menginstall di dalam gadgetnya. Bonus ini juga dihukumi sah syara’ dengan catatan bila bonus tersebut dikucurkan sendiri oleh pihak penyedia. Dan sejauh pengamatan penulis, bonus tersebut memang berasal dari pihak penyedia.

Hello

Aplikasi Hello merupakan aplikasi dengan basic mengisi datta survey. Pihak pengguna yang menyelesaikan data survey, akan mendapatkan bonus dari pihak penyedia dan dapat dicairkan langsung ke saldo rekeningnya

Hago

Bagi penggemar dunia game, Hago adalah salah satu alternatif untuk bermain game. Pihak pengguna akan mendapatkan poin dari setiap penggunaannya dan dapat dicairkan dalam bentuk saldo DANA. 

Shopee Video

Shopee Video menjanjikan sebuah penghasilan berupa poin dari setiap menonton video di dalamnya atau mengupload video. Sejauh pengamatan penulis, penghasilan tersebut juga langsuung diberikan oleh developer dan bukan dari pengguna lain. 

Itulah 5 aplikasi – yang berdasarkan hasil pengamatan Tim eL-Samsi Group – yang menawarkan penghasilan halal bagi anda. Tentu saja, kehalalan ini terbatas bila penghasilan tersebut dicairkan oleh developer dan materi konten yang disajikan tidak mengandung unsur yang dilarang oleh syara’, seperti perjudiian, pornografi, dan sejenisnya. 

Muhammad Syamsudin
Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah PW LBMNU Jawa Timur, Wakil Rais Syuriyah PCNU Bawean, Wakil Ketua Majelis Ekonomi Syariah (MES) PD DMI Kabupaten Gresik

Tinggalkan Balasan

Skip to content