elsamsi log

Menu

<em data-src=

Di Tahun ke 2, eL-Samsi beralih ke Misi Pendampingan

Pertarungan di belantara web Aswaja, khususnya yang fokus di  dunia muamalah, membutuhkan banyak waktu, materi dan  sumberdaya. Semuanya memerlukan perhatian secara berimbang dalam bingkai Manajemen Pengelolaan.

Di Tahun Pertama, eL-Samsi fokus pada membangun branding selaku web yang mengkaji Ekonomi Syariah. Penerimaan pembaca nampak naik turun dari waktu ke waktu. Mungkin, hal itu disebabkan karena dunia ekonomi syariah memang merupakan duniia yang sedikit asing di kalangan masyarakat kelas tertentu. Bahkan, ada yang sempat bertutur dan disampaikan ke kami, bahwa dunia ekonomi syariah identik dengan dunia ngurusi duit orang lain, tanpa memikirkan duit sendiri. Ya namanya tanggapan netizen, bisa jadi itu benar dan bisa jadi itu salah. Namun, kami tetap berusaha mempertahankan diri sebagai landing page yang menawarkan kajian-kajian seputar itu.

Memasuki tahun ke-2 ini, eL-Samsi mulai mengembangkan sayap ke arah yang lebih realistis dan tidak hanya dengan penuangan ide dan gagasan, serta kajian yang kehilangan marwah bahwa yang dinamakan dengan fikih muamalah, adalah harus bisa diamalkan. Untuk bisa mengamalkan, maka dibutuhkan edukasi dan pendampingan.

Fokus pada term eduukasi dan pendampingan inilah, maka eL-Samsi membentuk satu wadah grup yang kami sebut sebagai eL-Samsi Group Consulting & Planning. Mengapa grup ini yang saat ini tengah kita brandingkan, tidak lain adalah untuk mengimbangi berbagai forum ekonomi syariah yang digagas oleh kelompok lain.

Banyak lembaga yang mengatasnamakan ekonomi syariah dan  terjun di dunia pelatihan dan edukasi bisnis namun pendekatannya salah secara fikih. Contoh praktisnya adalah kasus Paytren dan kasus Investasi Kampung Kurma, serta berbagai pola investasi lain dengan label syariah. Tentu, hal ini membahayakan bagi status syariah itu sendiri sebab biisa terdowngrade akibat berbagai skandal yang belakangan terjadi.

Itulah sebabnya, eL-Samsi di tahun ini, mulai beralih ke  penyusunan portofolio pelatihan dan pendampingan. Kami sediianya juga akan menjalin relasi kerjasama dengan para pemangku kepentingan. Meskipun harus berjalan swadaya dan tertatih, namun kami yakin bahwa pertolongan Allah SWT akan senantiasa menaungi kami. In tanshuru allah yanshurkum wa yutsabbit aqdamakum.

Semoga Allah SWT mengabulkan segala niat baik kami dalam memasyarakatkan dan mengedukasi masyarakat dalam dunia ekonomi syariah.

Redaksi EL-Samsi
Bawean, 17 Ramadlan 1443 H

Spread the love
Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah PW LBMNU Jawa Timur

Related Articles

%d blogger menyukai ini: