elsamsi log

Menu

Fikih Aplikasi Helo Apk, Adakah Indikasi Keharaman?

Fikih Aplikasi Helo Apk, Adakah Indikasi Keharaman?

Beberapa pembaca berkirim inbox kepada penulis untuk membedah seputar Aplikasi Helo Apk. Apakah ada indikasi penipuan di dalamnya? 

Untuk menjawab akan hal ini, terlebih dulu peneliti mewakili Tim eL-Samsi mengingatkan kepada para user aplikasi, agar senantiasa berhati-hati terhadap segala jenis aplikasi digital. Mengapa? Sebab, penggunaan aplikasi semacam, sangat rentan dengan fishing. Fishing merupakan sebuah kejahatan yang digunakan untuk membongkar data seseorang sehingga kemudian datanya bisa digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan memuluskan aksi kejahatannya. 

Baik, kali ini kita akan bedah mengenai aplikasi Helo ini dari sisi syara’. Apakah ada indikasi penipuannya atau tidak? 

Sekilas Aplikasi Helo

Berdasarkan hasil penelusuran kami di Google Playstore, kami mendapati pengakuan dari para developer aplikasi tersebut sebagai berikut::

“Helo is a one-stop social media platform, its mission is to empower creativity and bring people closer together. Helo is committed to connecting diverse communities and providing people with a platform to freely express themselves in their own languages.” (Sumber: Helo – Funny Video, WA Status – Apps on Google Play)

Jadi, Helo Apk merupakan sebuah platform media sosial yang memiliki misi pengembangan kreatifitas masyarakat. Helo berkomitmen untuk menjadi salah satu media silaturahmi dengan berbagai ajang komunitas masyarakat yang beragam melalui sebuah platform, dengan jalan menjaga berekspresi menggunakan bahasa ibu.

Jenis Materi Konten Helo Apk

Jenis konten yang dipersembahkan oleh Helo Apk adalah konten berisi video pendek, lucu, dan viral.Misi yang dijjalani oleh para penggunanya adalah membuat video, kemudian dishare melalui jaring alat komunikasi sosial yang dimiliiki, misalnya melalui Whatsapp, Facebook dan sejenisnya. 

Tugas User Helo Apk

Tugas utama dari para user Helo Apk ini adalah:

  1. Menonton konten video lucu
  2. Menshare status Whatsapp 
  3. Membuat konten video lucu dengan menggunakan bahasa ibu melalui fitur yang sudahh disiapkan oleh Helo Apk
  4. Memfollow akun content creator lainnya
  5. Mengajak teman untuk mendownload dan login ke Helo Apk. 

Reward yang ditawarkan oleh Helo Apk

jika ditilik dari informasi yang disampaikan pengembang di Google Playstore, sebenarnya tidak ada kesan yang tergambar bahwa aplikasi ini menjanjikan sebuah reward / komisi kepada usernya. Namun, setelah masuk, nampak di sana adanya beberapa fitur dan sekaligus Pop Up yang tetiba masuk memberitahukan login dan permintaan memasukkan kode referral. Setelah memasukkan kode referral secara acak, muncul Pop Up baru yang memberitahukan komisi pertama pengguna, sebesar kurang lebih 1.800 rupiah, menyerupai aplikasi Snack Video. 

Selanjutnya, ada beberapa tugas yang harus dijalani oleh user untuk mendapatkan reward / komisi harian berupa koin / poin yang harus dikumpulkan, yaitu:

Pertama, melakukan chack in harian

Pengguna Hello Apk melakukan misi pertama selama kurang lebih 30 hari untuk mendapatkan komisi sebesar 62.000 ribu rupiah. 

Kedua, Menggunakan Aplikasi Helo

Untuk mendapatkan reward berupa koin, pihak user harus menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan penjelajahan misi menonton video. Semakin banyak penjelajahan, komisi berupa koin yang diberikan juga semakin banyak.

Ketiga, membuat postingan di Helo

Semakin sering memposting status di Helo, dan semakin ramai dikunjungi orang, maka koin yang dikumpulkan user semakin banyak

Keempat, melakukan aksi referral

Melalui penggunaan aplikasi ini, user akan diberikan kode referral yang dapat digunakan untuk mengundang teman. Bilamana teman yang diundang tersebut menggunakan aplikasi secara terus menerus selama 30 hari, maka pihak user yang mengundang akan mendapatkan komisi sebesar 62 ribu rupiah. 

Berikut ini merupakan rincian dari komisi uang didapatkan setelah berhasil mengundang satu teman dan setiap harinya ia check in hingga 30 hari ke depan. :

Syarat & KetentuanKomisi
Undangan teman pertamaRp 1.800
(Hari ke-1) Teman loginRp 200
Teman yg kamu undang wajib menjelajahi helo selama 10 menit setiap hari
Hari ke-2Rp 1.000
Hari ke-3Rp 2.000
Hari ke-7Rp 6.000
Hari ke-14Rp 12.000
Hari ke-30Rp 20.000
Teman menggunakan helo secara terus menerusRp 3.000
TotalRp 46.000

Ketentuan di atas harus di lakukan rutin setiap hari, tidak boleh putus.

Pencairan Uang dari Aplikasi Hello

Pencairan uang atau komisi yang didapat dari aplikasi Hello, hanya bisa dilakukan lewat e-walet DANA. 

Analisa Fikih Komisi dari Hello Apk

Dengan mencermati semua bentuk rincian data dan penjelasan di atas, maka beberapa hal yang penting untuk diungkap sehubungan dengan aspek kehalalan atau keharaman komisi dari Aplikasi Helo Apk, adalah sebagai berikut:

  1. Relasi Akad yang dipergunakan oleh user dengan Platform Helo Apk adalah berbasis akad ju’alah, di mana pihak yang berperan selaku ja’il adalah Platform Hello Apk, dan yang disewa adalah User. Adapun pekerjaan / manfaat yang dilakukan oleh user adalah menjalankan misi sebagaimana telah diuraikan di atas. Obyek maj’ul nya adalah misi dari Hello Apk itu sendiri. 
  2. Komisi yang didapatkan berupa Koin dan Poin Hello Apk berkedudukan sebagai ‘iwadl pekerjaan yang telah dilakukan oleh user Hello Apk. Oleh karena itu, poin dan koin tersebut menduduki maqam harta. 
  3. Komisi yang meningkat seiring pekerjaan yang dipersyaratkan oleh Hello Apk, adalah sah disebabkan pihak penyuruh bertanggung jawab atas pencairan Komisi / Reward tersebut, kendati berupa Koin / Poin.
  4. Koin dan Poin Hello Apk adalah termasuk kategori maal duyun atau ma fi al-dzimmah disebabkan komisi tersebut diberikan oleh Hello Apk setelah pekerjaan yang dipersyaratkan kepada user berhasil dilaksanakan oleh user. 

Kesimpulan Hukum

  1. Hukum mengikuti dan mengunduh aplikasi Hello Apk adalah boleh.
  2. Komisi yang didapatkan dari mengikuti misi Hello Apk, adalah termasuk pendapatan yang halal
  3. Tidak ditemui adanya indikasi berlaku taghrir dan tadlis dalam aplikasi tersebut
  4. Hasil telaah dan penelitian ini berlaku untuk misi yang tidak melalui Topping Up. Adapun untuk yang berkaitan dengan Topping up, maka menunggu kepastian informasi dan data yang berhasil digali oleh Tim Peneliti eL-Samsi

Peneliti:

Muhammad Syamsudin (Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah – Aswaja NU Center PWNU Jatim)

Spread the love
Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah PW LBMNU Jawa Timur

Related Articles

%d blogger menyukai ini: