elsamsi log

Menu

Marketting Agency

Marketting Agency

Marketing agency, adalah sebuah sistem pemasaran produk barang atau jasa yang memerankan pihak kedua selaku agen. Sistem ini sering dikenal juga sebagai sistem agensi atau sistem afiliasi.

Di dalam relasi keagenan, terjadi kontrak hubungan antara satu atau lebih orang (prinsipal) yang memerintah orang lain (agen) untuk melakukan suatu jasa penjualan produk jasa atau barang dengan atas nama prinsipal serta memberi wewenang kepada agen untuk membuat keputusan yang terbaik bagi prinsipal. 

Jika prinsipal dan agen memiliki tujuan yang sama maka agen akan mendukung dan melaksanakan semua yang diperintahkan oleh prinsipal.

Soko Guru Sistem Agency

Ada beberapa elemen yang menopang berlakunya sistem agency, yaitu:

  1. Kontrak keagenan
  2. Prinsipal, yaitu pihak yang berlaku sebagai pemberi proyek (ja’il), pemberi pekerjaan, atau syarik pada kontrak mudlarabah dan syirkah
  3. Agen, yaitu pihak yang melaksanakan kontrak keagenan. Mereka bisa disebut sebagai pihak yang diupah/disewa jasanya (mu’jir), ‘amil ju’alah pada kontrak ju’alah, ‘amil qiradl pada akad mudlarabah dan syarik pada akad syirkah.
  4. Obyek akad bisa terdiri atas kinerja penawaran dan penjualan produk barang atau jasa
  5. Upah agen yang pola penyampaiannya tergantung pada tipe kontrak yang dibangun
Spread the love
Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah PW LBMNU Jawa Timur

Related Articles

%d blogger menyukai ini: