el-samsi-logo
Edit Content
elsamsi log

Media ini dihidupi oleh jaringan peneliti dan pemerhati kajian ekonomi syariah serta para santri pegiat Bahtsul Masail dan Komunitas Kajian Fikih Terapan (KFT)

Anda Ingin Donasi ?

BRI – 7415-010-0539-9535 [SAMSUDIN]
– Peruntukan Donasi untuk Komunitas eL-Samsi : Sharia’s Transaction Watch

Bank Jatim: 0362227321 [SAMSUDIN]
– Peruntukan Donasi untuk Pengembangan “Perpustakaan Santri Mahasiswa” Pondok Pesantren Hasan Jufri Putri – P. Bawean, Sangkapura, Kabupaten Gresik, 61181

Hubungi Kami :

Menelusuri Status Hartawii PP dan Keterkaitan Vtube dan VIPlus

Sebagaimana telah disampaikan terdahulu, bahwa PP merupakan kata kunci untuk menuju Star Plus Mission. Star Plus Mission ini bisa diikuti dengan 2 jalan, yaitu:

  1. Bagi member yang sebelumnya pernah mengikuti Vtube dan berada pada peringkat Bintang 2 (misalnya), maka setelah melakukan Megacopy, para Vtuber ini akan langsung menempati Star Plus Mission Bintang 2 di ViPlus, atau sesuai dengan peringkatnya ketika di Vtube. Masuknya Vtuber ini ke VIPlus, disertai dengan janji pendapatan yang lebih besar dibanding ketika masih di Vtube.
  2. Adapun bagi member yang belum memiliki misi bintang di Vtube, atau member baru, maka setelah melakukan megacopy, ia akan langsung menempati Star Plus Mission Bintang 1, karena mendapatkan 150 PP yang dibagikan secara cuma-cuma lewat program Megacopy tersebut.. 

Sebagai catatan bahwa, meskipun VIPlus ini diedarkan oleh entitas bisnis yang menggunakan logo my.future, dan antara Vtube dengan VIPlus memiliki banyak keterkaitan, termasuk di dalamnya setelah adanya konversi aplikasi Vtube menjadi Vtube 3.0 yang dikampanyekan sebagai pro UMKM. Pembahasan tentang Vtube 3.0, insyaallah akan kita sajikan mendatang setelah selesai mengupas soal VIPlus. 

Beberapa poin penting keterkaitan itu antara lain bisa kita rangkum seperti berikut ini:

  • Viewpoin (VP) yang sebelumnya didapat melalui misi menonton video di Vtube, bisa digunakan untuk mendapatkan diskon, namun dengan nominal yang sangat kecil yaitu dibatasi minimal sebanyak 4 VP. Cara yang disediakan adalah dengan masuk di MyWallet pada ViPlus, kemudian merubah VP atau SV menjadi SP. Caranya dengan menekan Exchange, kemudian mengisi jumlah VP yang hendak dikonversikan menjadi SP (Shopping Poin). SP merupakan diskon / potongan belanja yang 1 SP, nilainya adalah 60 ribu. Alhasil, penukaran 4 VP, adalah sama dengan 60 ribu, jika 1 VP tetap dihargai sebagai 1 USD. 
  • Member Vtube langsung bisa login ke VIPlus, namun dengan menambah data baru yaitu menyertakan e-mail (diutamakan Yahoo). 
  • Peringkat di Vtube bisa langsung dikonversi ke peringkat yang sama di VIPlus setelah melalui proses Mega Copy. 
  • Jaringan member referral yang ada di Vtube, dikonversi menjadi MyTeam. Alhasil, berubah sebutan. 
  • Ketika seorang member Vtube berhasil masuk ke Star Plus Mission sesuai bintangnya, maka Vtuber ini akan secara otomatis memiliki PP sesuai dengan yang ditetapkan oleh Viplus. Misalnya, untuk Bintang Satu VIPlus = 500 PP. Bintang 2, 1000 PP. Bintang 3, 2500 PP. Bintang 4, 5000 PP. Bintang 5, 10 ribu PP. Bintang 6, 25.000 PP. 

Satu kebijakan dari Vtube dan VIPlus untuk saat ini, dan penting untuk kita catatan sebagai bahan menguatkan analisa adalah bahwa Vtube saat ini sudah tidak dilengkapi lagi dengan pencarian referral. Alhasil, bagi member Vtube hanya ada 2 pilihan untuk tetap berpenghasilan lewat Vtube, yaitu:

  1. Dia akan mengikuti misi reguler, dengan menonton Video Iklan yang dihargai sebanyak 12 VP selama 40 hari menjalankan misi pertama kepesertaan member, atau langsung melakukan Fastrack yaitu dengan jalan membeli VP. Alhasil, transaksi VP ini masih masuk kategori transaksi ma’dum, sebab cairnya VP menjadi uang, tidak berasal dari perusahaan melainkan dengan jalan dibeli oleh member lain. 
  2. Sebagai langkah singkat agar bisa ikut VIPlus, maka calon member baru tidak akan mengikuti misi di Vtube, sehingga secara perlahan Vtube akan ditinggalkan oleh membernya dan beralih ke VIPlus. 
  3. Di VIPlus ini, para anggota VIPluser akan dibekali penyebaran kode referral secara masif disebabkan keberadaan referral berbanding lurus dengan penghasilan yang akan di dapat dan dijanjikan berbekal perburuan PP yang dilanjutkan dengan perburuan Poin Referral.
  4. Dugaan sementara, kesimpulan yang disampaikan oleh Tim Peneliti El-Samsi (Lembaga Studi Akad Muamalah Syariah Indonesia) adalah bahwa VIPlus merupakan bentuk praktik peralihan yang sengaja dilaunchingkan oleh perusahaan di bawah logo my.future untuk menyudahi Aplikasi Vtube dan beralih sepenuhnya ke VIPlus.
  5. Para Tim Peneliti El-Samsi memiliki hipotesa awal, bahwa kelak akan terjadi praktik ighra pada VIPlus ini, sehingga anggota hanya berkonsentrasi pada pencarian anggota dan bukan ke penjualan produk. 
  6. Produk yang dijadiikan sarana transaksional oleh VIPlus, hanya akan laku di kalangan para anggotanya saja dan tidak laku untuk dijual di masyarakat umum. 

Untuk mempertajam analisis ini, para Tim Peneliti eL-Samsi masih terus melakukan penggalian data primer dan sekaligus mempelajari alur skema bisnis dari VIPlus ini, disebabkan PP adalah kunci utama. Berhasil membongkar status PP, maka akan berhasil pula membongkar sistem yang dijalankan oleh VIPlus di bawah payung usaha perusahaan berlogo my.future

Untuk laporan riset dan hasil investigasi berikutnya, tunggu laporan dari Tim eL-Samsi! Di sini>>>>

Muhammad Syamsudin (Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah – Aswaja NU Center PWNU Jatim)

Muhammad Syamsudin
Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah PW LBMNU Jawa Timur, Wakil Rais Syuriyah PCNU Bawean, Wakil Ketua Majelis Ekonomi Syariah (MES) PD DMI Kabupaten Gresik

Tinggalkan Balasan

Skip to content