el-samsi-logo
Edit Content
elsamsi log

Media ini dihidupi oleh jaringan peneliti dan pemerhati kajian ekonomi syariah serta para santri pegiat Bahtsul Masail dan Komunitas Kajian Fikih Terapan (KFT)

Anda Ingin Donasi ?

BRI – 7415-010-0539-9535 [SAMSUDIN]
– Peruntukan Donasi untuk Komunitas eL-Samsi : Sharia’s Transaction Watch

Bank Jatim: 0362227321 [SAMSUDIN]
– Peruntukan Donasi untuk Pengembangan “Perpustakaan Santri Mahasiswa” Pondok Pesantren Hasan Jufri Putri – P. Bawean, Sangkapura, Kabupaten Gresik, 61181

Hubungi Kami :

Images (18)

Moral hazard merupakan sebuah istilah yang menggambarkan rusaknya moral akibat berusaha lari dari tanggung jawab penyelesaian kewajiban sehingga berujung merugikan orang lain.

Kalau di pesantren, umumnya pekerti semacam ini ditangani dengan penerapan standar akhlak (moral). Suatu misal melalui Ta’zir. Datang telat, dita’zir. Kalau saya secara pribadi, guru datang tapi santri belum siap, tidak saya kasih pelajaran.

Kalau dalam kasus besar yang melibatkan korupsi, maka ta’zirnya ya harus mengembalikan harta yang dikorupsi. Penjara tidak bisa menjadikan kewajiban pengembalian itu sebagai yang telah berhenti. Penjara merupakan bentuk penanganan moral hazard. Standartnya, kerugian materi wajib diganti materi. Puncaknya, adalah penyitaan materi yang sebanding dengan kerugian / dlarar yang ditimbulkan.

Muhammad Syamsudin
Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah PW LBMNU Jawa Timur, Wakil Rais Syuriyah PCNU Bawean, Wakil Ketua Majelis Ekonomi Syariah (MES) PD DMI Kabupaten Gresik

Tinggalkan Balasan

Skip to content