el-samsi-logo
Edit Content
elsamsi log

Media ini dihidupi oleh jaringan peneliti dan pemerhati kajian ekonomi syariah serta para santri pegiat Bahtsul Masail dan Komunitas Kajian Fikih Terapan (KFT)

Anda Ingin Donasi ?

BRI – 7415-010-0539-9535 [SAMSUDIN]
– Peruntukan Donasi untuk Komunitas eL-Samsi : Sharia’s Transaction Watch

Bank Jatim: 0362227321 [SAMSUDIN]
– Peruntukan Donasi untuk Pengembangan “Perpustakaan Santri Mahasiswa” Pondok Pesantren Hasan Jufri Putri – P. Bawean, Sangkapura, Kabupaten Gresik, 61181

Hubungi Kami :

Pengantar Kajian

Masih ingat dengan kasusnya Yusuf Hamka yang sengketa dengan Bank Syariah? Nah, kasus itu adalah disebabkan karena pembiayaan sindikasi. Pola pembiayyaan ini sebenarnya bisa dilakukan tidak hanya oleh bank, namun oleh semua pihak. Di sini penulis mengajak pembaca untuk memahami pola dasar dari pembiayaan sindikasi. Ya, tentunya sebelum membahas banyak hal terkait kasusnya Yusuf Hamka, dulunya.

Tidak banyak muslim yang mengerti apa itu pembiayaan sindikasi dan arti pentingnya bagi suatu bisnis. Itu sebabnya,, banyak orang yang bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan pembiayaan sindikasi itu? Apakah ada konsepsi dalam fikih Islam yang berkaitan dengan pembiayaan tersebut? 

Baca Juga: MEnaksir BEsaran Pendapatan haram dari Sektor Bunga Produk Tabungan

Apa sih pembiayaan sindikasi itu?

Istilah sederhana dari pembiayaan sindikasi adalah memperbanyak peluang pemodal sehingga kebutuhan seorang pengusaha untuk mendapatkan kucuran modal menjadi tercukupi. 

Logikanya begini. Seorang pengusaha membutuhkan modal sebesar 1 Trilliun. Sementara itu, tidak ada satu orang pun pemodal yang memiliki dana sebesar itu. Namun, kebutuhan itu bisa tercukupi apabila terdapat 5 orang pemodal. 

Baca Juga : Mengenal Pembiayaan Sindikasi Murabahah dan Diskon Percepatan Pelunasan Kredit

Komposisi Pembiayaan Sindikasi

Ada banyak komposisi yang memungkinkan bagi terjadinya pembiayaan sindikasi. Komposisi itu kemungkinan sebagai berikut:

  1. Pemodal + Pengelola, berlaku pada akad qiradl, mudlarabah, murabahah, musaqah, muzara’ah
  2. [Pemodal + Pemodal + Pemodal] + [Pengelola], berlaku pada akad syirkah mudlarabah
  3. [Pemodal + Pemodal + Pemodal] + [Pengelola + Pengelola], berlaku pada akad syirkah mudlarabah yang digabungkan dengan syirkah wujuh atau syirkah abdan. Akad yang menjalin sering dinamakan dengan istilah syirkah musyarakah. Aslinya ya tetap syirkah mudlarabah. Atau lebih tepatnya mukhabarah.
  4. [Pemodal] + [Pengelola + Pengelola + Pengelola], akad mudlarabah musyarakah. 

Baca Juga: Fikih Klasik

Praktik Umum Pembiayaan Sindikasi

Pembiayaan sindikasi merupakan suatu bentuk pinjaman usaha dimana dua kreditur atau lebih secara bersama – sama memberikan pinjaman kepada satu debitur atau lebih berdasarkan kondisi pinjaman yang sama dan melakukan penandatanganan perjanjian kredit yang sama pula. 

Jadi, dalam pembiayaan sindikasi setidaknya terdapat 2 badan hukum. 

  1. Badan hukum pemodal. 
  2. Badan hukum investor

Baca juga: Kajian Akademis Perbandingan Rasio Pendapatan Halal dan haram Perbankan Konvensional

Masing-masing dari badan hukum ini diwakili oleh seorang yang berlaku sebagai agen badan hukum. Agen ini bisa terdiri atas notaris atau orang yang ditunjuk untuk mewakili kepentingan badan hukum masing-masing pemodal dan investor. 

Jika yang diwakili adalah terdiri atas obyek pekerjaan, maka ia berperan selaku kafil. Namun, apabila yang diwakili adalah berupa harta atau uang, maka ia berperan selaku dlamin.  

Di dunia pembiayaan sindikasi perbankan, biasanya agen pemodal ini diwakili oleh salah satu bank yang menjadi peserta pembiayaan. Biasanya pula, bank yang mewakili ini terdiri dari bank tempat perjanjian pembiayaan sindikasi itu dilaksanakan. 

Baca Juga; Apa itu Syirkah Mudlarabah?

Konsultasi Plan Bisnis 

Konsultasikan plan bisnis anda ke eL-Samsi Group! Kami siap untuk melakukan studi terhadap plan bisnis anda dan mencarikan solusi terbaik bagi plan bisnis sehingga menguntungkan, halal, dan insyaallah berkah. Hubungi CP 082330698449

Muhammad Syamsudin

eL-Samsi Group Consulting & Planning Business System. Peneliti Bidang Ekonomi Syariah – Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur

Muhammad Syamsudin
Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah PW LBMNU Jawa Timur, Wakil Rais Syuriyah PCNU Bawean, Wakil Ketua Majelis Ekonomi Syariah (MES) PD DMI Kabupaten Gresik

Tinggalkan Balasan

Skip to content