elsamsi log

Menu

Pola Kampanye Money Game Go Champion

Pola Kampanye Money Game Go Champion

Jargon utama dari Go Champion adalah “Dari Kita, Oleh Kita dan Untuk Kita”. Sejenak, jika kita mencermati jargon ini, memang sekilas tergambar bahwa prinsip yang hendak diemban adalah gotong royong. Menyerupai jargon demokrasi, dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. 

Di dalam link web yang dimilikinya, Go Champion menawarkan sebuah program utama, disebabkan ini ada dalam kolom halaman depan miliknya. Bunyi program utama tersebut adalah “dengan menyetor dana 800 ribu rupiah, akan mendapatkan 100 juta rupiah.” 

Dari tawaran utama ini, selanjutnya pihak perusahaan Go Champion menyampaikan bahwa “Tidak masuk Akal, tapi masuk rekening. Sebuah kalimat yang identik dengan skema bisnis yang pernah beredar dulu, yaitu “ora umum.” 

Sebenarnya apa maksud dari tawaran ini? Dalam bahasa bisnis, karena hal itu ditaruh di headline utama dari websitenya, maka sudah barang tentu bahwa kata-kata itu adalah ditujukan untuk niat menggaet “member.” Uniknya, ketika Tim peneliti menelusuri sejumlah media yang dipergunakan untuk memasarkan Go Champion, penulis mendapati kata-kata berikut:

*Member yang bergabung disini adalah murni karna kesadaran sendiri , tanpa adanya paksaan, tekanan , iming2 atau janji janji yang diberikan fihak lain sehingga semua resiko menjadi tanggung jawab sendiri.”

*Uang yang anda transfer adalah bersifat Donasi / sedekah , sistem yang mengatur giliran penerima donasi.”

*Peringatan : Dilarang keras menggunakan uang yang bersumber dari Utang dll yang merugikan diri.”

Ada yang perlu digaris bawahi dalam kata-kata ini, yaitu uang yang ditransfer adalah bersifat donasi. Berapa nilai uang itu? Apakah uang itu yang ditetapkan besarannya sebesar 800 ribu rupiah? Tim peneliti eL-Samsi mendapati bahwa fix bahwa hal itu adalah benar. Sebagaimana bisa dilihat dari layar screenshot berikut!

Berdasarkan adanya bukti penyetorn uang ini, selanjutnya peneliti melakukan pengecekan apakah niat penyetoran ini memang benar semata dimaksudkan untuk penyerahan harta kepada orang lain saja, ataukah ada niatan investasi atau produk barang? Tim kami mendapati bahwa tidak ada satu indikasipun, bahwa penyetoran itu dipergunakan untuk investasi atau kegiatan bisnis. Bukti yang kami dapati adalah pernyataan sebagai berikut!

“GO CHAMPION bukan bisnis online investasi , bukan MLM dan bukan ponzi yang memberikan bonus atau profit tetap. GOCHAMPION adalah Komunitas yang tergerak secara bersama sama saling gotong royong dan saling berbagi secara ikhlas tanpa mengharap imbalan

Selanjutnya Tim Peneliti eL-Samsi, tergerak untuk mengetahui, bagaimana Go Champion bisa melipatgandakan uang member yang secara tegas dianalogikan sebagai donasi tersebut, menjadi 100 juta sebagaimana dipromosikan di awal. 

Rubrik Konsultasi

Simak hasil investigasi kami di sini >>>>

Spread the love
Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah PW LBMNU Jawa Timur

Related Articles

1 Comment

Avarage Rating:
  • 0 / 10
%d blogger menyukai ini: