elsamsi log

Menu

Robot Trading dan Trading Online

Robot Trading dan Trading Online

Robot trading adalah perangkat/instrumen yang digunakan oleh para trader untuk melakukan trading di pasar berjangka komoditi. 

Sebagai instrumen, maka kedudukan robot trading, adalah tak ubahnya seperti handphone atau media zoom yang berfungsi sebagai instrumen penyampai akad. Penulis pernah mengupasnya dalam berbagai versi tulisan di NU Online.

Adapun pihak ‘aqidnya adalah wajib terdiri atas manusia. Siapakah mereka itu? 

Dalam kancah dunia perniagaan online, maka yang dimaksud sebagai muta’aqidain ini adalah pihak trader dan broker resminya yang ada di pasar berjangka komoditi. Pembaca juga bisa membaca tulisan pengkaji di sini. Link ini merupakan bagian dari kajian penulis terhadap robot trading..  

Siapakah broker resmi ini? 

Broker merupakan pedagang / pialang berjangka. Mereka terdiri dari perusahaan-perusahaan yang menerbitkan efek. Mereka juga sering dikenal sebagai emiten

Sebagai perusahaan penerbit efek berjangka, maka sudah barang pasti pihak perusahaan ini memiliki sejumlah aset produksi. Dari aset produksi inilah, mereka menerbitkan saham untuk kemudian ditawarkan ke masyarakat. 

Aktifitas perusahaan pialang berjangka ini sebenarnya tak ubahnya seperti para crowdfunder. Crowdfunder merupakan perusahaan yang mengadakan aktfiitas pengumpulan dana (crowdfunding). 

Sebagaimana telah penulis jelaskan terdahulu, bahwa ada 4 macam kegiatan crowdfunding yang dilegalkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu: donation based crowdfunding, reward based crowdfunding, debt based crowdfunding dan equitybased crowdfunding. 

Broker yang menawarkan forex sebagai instrumen crowdfundingnya, maka masuk kategori debt based crowdfunding. Broker yang menawarkan saham dan sukuk sebagai instrumennya, maka masuk kategori equity / securities based crowdfunding

Gerak dan langkah broker ini diatur oleh pemerintah lewat Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). 

Itulah sebabnya, maka apabila ditanya mengenai apakah ada robot trading yang legal? Maka jawabnya adalah sudah pasti ada. 

Robot ini hanya dipakai oleh broker / pialang legal yang terdapat di Bursa Berjangka Komoditi dan namanya tercantum dalam daftar sah pialang berjangka dan tercantum dalam rilis situs resmi Pialang Berjangka milik Bappebti (Lihat link berikut: https://bappebti.go.id/pialang_berjangka ). Fungsi robot trading hanya sebagai sarana komunikasi antara trader dan broker. 

Selebihnya, semua jenis robot trading yang tidak berasal dari broker resmi, adalah ilegal. Status keilegalan ini menjadi ketiadaan bisa dijaminnya transaksi sebagai yang benar-benar ada sil’ah atau komoditi yang diperdagangkan. 

Muhammad Syamsudin

Peneliti Bidang Ekonomi Syariah – Aswaja NU Center PWNU Jatim

Spread the love
Direktur eL-Samsi, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah PW LBMNU Jawa Timur

Related Articles

Tinggalkan Balasan